Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rupanya Ini Makna dan Peranan Lambang Huruf Z di Tank Militer Rusia


Beberapa tank yang bawa pasukan militer Rusia kelihatan mempunyai lambang huruf "Z" dan beberapa lambang yang lain.


Tank militer itu ada saat Rusia memperlancar gempuran invansi ke Ukraina sepanjang dua minggu paling akhir.


Lambang itu biasanya dipulas dengan cat warna putih di sebagian besar segi tubuh kendaraan tank dan truk.


Tetapi bukan hanya lambang huruf "Z" saja, beberapa lambang lain seperti "Z" dalam bujur sangkar, lambang O, V, X, dan A kelihatan turut digambar di body kendaraan.


Beberapa pakar menyampaikan penghasilan yang cukup berlainan pada lambang yang kelihatan memenuhi kendaraan perang asal Rusia.


Makna dan arah lambang "Z" di tank Rusia


Menurut Letnan Kolonel Angkatan Udara Tyson Wetzel, diambil KompasTekno dari website militer Task and Purpose, Rabu (9/3/2022), simbol-simbol yang tercantum pada tank Rusia diperuntukkan sebagai identitas pembanding dengan lawan, alias IFF/identification friend or foe.


Simbol-simbol itu bisa juga dipakai oleh pasukan militer Rusia untuk mengenali kendaraan yang mereka punyai.


"Pokoknya ialah pertanda "Z" (dan lambang yang lain) sebagai perlakuan dekonfliksi untuk menolong menahan salah tembak, atau kejadian serangan ke sekutu," papar Wetzel.


Dalam pada itu, bekas Kapten Marinir sekalian Pemerhati peraturan pertahanan Rusia, Rob Lee memiliki pendapat jika simbol-simbol yang berada di tank Rusia dipakai sebagai tanda lokasi yang hendak dituju kendaraan.


"(Simbol-simbol itu) terang sebagai suatu hal yang baru. Dan argumen yang paling kemungkinan mereka (Rusia) menggunakan lambang seperti ini untuk memperlihatkan eselon dan gugusan pekerjaan yang lain," kata Lee.


Cukup banyak pakar militer yang setuju dengan teori yang disampaikan Lee. Masing-masing dari lambang itu minimal memiliki kandungan arti tertentu.


Diambil KompasTekno dari situs Quora, lambang huruf "Z" dipercayai mengisyaratkan jika kendaraan itu dipunyai oleh Area Militer Timur Rusia.


Sementara lambang huruf "Z" yang serupa, tetapi dibingkai dalam bujur sangkar, mengisyaratkan jika tank itu ialah mili kesatuan tentara militer Rusia yang ditugaskan di daerah Krimea.


Beberapa pakar militer mengutarakan ke Hindustan News Hub, jika simbol-simbol itu dibikin berdasarkan daerah militer Rusia itu bekerja. Berikut analitis mereka:


- Z: Kendaraan punya Area Militer Timur Rusia.

- Z dalam bujur sangkar: Tentara militer Rusia yang ditaruh di Krimea.

- O : Tentara militer Rusia yang ditaruh di Belarus.

- V : Infanteri Angkatan Laut Rusia. X : Pasukan militer yang dikirim oleh Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov.

- A : Pasukan khusus "Alpha Ground" (pasukan khusus).


Lambang telah lama diaplikasikan


Pemakaian pertanda huruf atau lambang tertentu di kendaraan militer ini bukanlah hal baru, bahkan juga semenjak zaman Perang Dunia II.


Pada babak awalnya Pertarungan Normandia, angkatan udara Sekutu mengecat pesawat mereka dengan garis-garis putih. Dengan langkah ini, unit darat tidak salah menduga mereka sebagai Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe).


Selanjutnya pada Pertarungan Berlin, Tentara Merah (Rusia) melukis garis-garis horizontal putih panjang di atas turret tank mereka, hingga pasukan lain tidak menduga mereka sebagai tank Jerman.

Post a Comment for "Rupanya Ini Makna dan Peranan Lambang Huruf Z di Tank Militer Rusia"