Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Satu minggu Perang Rusia Versus Ukraina: Awalnya Agresi, Perlawanan Kiev, sampai Teror Nuklir


Kamis (3/3/2022) mengidentifikasi satu minggu agresi Rusia ke Ukraina berjalan semenjak 24 Februari 2022.


Rusia mengepung Ukraina dengan beberapa puluh ribu tentara, memacu perselisihan terjelek di Eropa dalam beberapa puluh tahun akhir.


Diambil dari kantor informasi AFP, berikut ringkasan satu minggu perang Rusia versus Ukraina.


Simak juga: Argumen Presiden Rusia Vladimir Putin Serang Ukraina


1. Rusia serang


Saat Kamis pagi minggu kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin umumkan operasi militer khusus untuk lakukan demiliterisasi dan de-nazifikasi Ukraina, dan memberikan dukungan separatis yang disokong Moskwa di timur.


Ia memberikan ancaman beberapa negara yang mengusik akan mendapatkan resiko yang belum sempat ada awalnya.


Agresi Rusia juga diawali dengan gempuran udara dan artileri di kota-kota Ukraina. Pasukan Rusia sempat kuasai sebuah bandara di tepian Kiev.


Ukraina selanjutnya umumkan genting militer dan memutus hubungan diplomatik dengan Rusia.


2. Pengungsi larikan diri


AFP/WOJTEK RADWANSKI Beberapa pengungsi Ukraina berbaris untuk masuk ke Polandia di tepian Medyka, Polandia timur, Senin (28/2/2022). Keseluruhannya, lebih dari 500.000 orang tinggalkan Ukraina semenjak agresi Rusia terjadi pada 24 Februari 2022. Sekitaran setengah dari 500.000 pengungsi Ukraina ke arah Polandia, negara tetangga yang disebut anggota Uni Eropa dan NATO.Pengungsi Ukraina mengucur keluar ke Polandia, Hongaria, Romania, Moldova, dan Slovakia. Dalam satu minggu ada lebih satu juta orang pindah ke luar negeri.


Pada 25 Februari, beberapa negara Eropa mulai tutup daerah udara mereka untuk maskapal Rusia, dan beberapa negara anggota Uni Eropa mulai jatuhkan ancaman pada Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.


3. Ukraina menantang dengan seru


Pasukan Ukraina lakukan perlawanan yang semakin kuat dari prediksi, membuat frustrasi Rusia yang merencanakan lakukan gempuran kilat.


Dalam rangkaian video selfie, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersumpah untuk selalu bertahan dan pimpin perlawanan.


"Saya perlu amunisi, bukan tumpangan," ucapnya ke Amerika yang tawarkan untuk mengevakuasinya.


Karena kekuatiran jika Kiev akan jatuh secara cepat tidak berhasil diwujudkan, ada video beberapa orang Ukraina yang coba memblokade tank Rusia dengan tangan kosong, atau memaki-maki tentara Rusia di jalan.


Pada Sabtu (26/2/2022), Rusia memerintah pasukannya untuk maju dari semua arah.


4. Teror nuklir


SPUTNIK KREMLIN/MIKHAIL KLIMENTYEV lewat AP Presiden Rusia Vladimir Putin saat dengarkan perbincangan pengusaha yang Kepala Persatuan Industrialis Rusia, Alexander Shokhin, dalam tatap muka di Moskwa, Rusia, Rabu (2/3/2022).Pada Minggu (27/2/2022), Putin tingkatkan kemelut selanjutnya dengan tempatkan pasukan nuklir Rusia dalam waspada tinggi.


Beberapa ratus ribu orang di penjuru dunia selanjutnya mengambil sisi dalam support kebersamaan Ukraina.


Uni Eropa menjelaskan, akan habiskan nyaris 500 juta euro (Rp 7,8 triliun) untuk mempersenjatai Ukraina, lalu beberapa negara anggota janjikan kontribusi militer mereka sendiri.


Ancaman yang belum pernah dijatuhkan awalnya mencoret beberapa bank Rusia dari mekanisme pembayaran antar-bank SWIFT.


Agresi Rusia memacu pertimbangan ulangi radikal dalam peraturan pertahanan Jerman. Berlin secara besar tingkatkan pengeluaran militernya.


5. Kharkiv ditembak roket saat perbincangan


Perbincangan perputaran pertama di antara Kiev dan Moskwa yang diselenggarakan di tepian Ukraina dengan Belarus pada Senin (28/2/2022) tidak berhasil membuat perkembangan.


Saat perbincangan berjalan, area sipil di kota paling besar ke-2 Ukraina, Kharkiv, ditembaki dan dihajar roket. Zelensky langsung menekan supaya negaranya selekasnya diberi keanggotaan Uni Eropa.


Di Kiev tentara menjelaskan, mereka menantang beberapa usaha pasukan Rusia untuk menggempur tepian.


Mata uang rubel Rusia jeblok dan bank sentra Rusia melipatgandakan suku bunga intinya untuk coba menopangnya.


6. Rusia unggul di selatan


MAXAR TECHNOLOGIES lewat AP Photo dari satelit Maxar Technologies menunjukkan ujung depan konvoi militer besar Rusia di tenggara Ivankiv, barat laut Kiev, Ukraina, Senin (28/2/2022).Pada Selasa (1/3/2022), gambar satelit memperlihatkan barisan besar kendaraan Rusia ke arah Kiev.


Rusia ditendang dari Piala Dunia 2022 saat pasukannya mengepung kota Kherson di selatan Ukraina, selanjutnya kota dermaga Mariupol yang vital di Laut Hitam diputus saluran listriknya.


Dalam pada itu, sebuah rudal merusak balai kota Kharkiv.


Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebutkan Putin sebagai diktator.


7. Media Rusia dibungkam


Pada Rabu (2/3/2022), pasukan terjun payung Rusia landing di Kharkiv yang tetap dihajar oleh penembakan dan rudal. Beberapa gedung kampus terserang.


Rusia memblokade sebuah aliran tv mandiri dan stasiun radio liberal pada Rabu, dan lakukan penutupan virtual pada informasi perang.


Untuk pertama kali Moskwa ungkap jumlah korban meninggal pasukannya dengan menjelaskan 498 tentara meninggal.


8. Perbincangan baru Ukraina dan Rusia


AFP/SERGEY DOLZHENKO dan ALEXANDER ZEMLIANICHENKO Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) saat bicara dalam pertemuan jurnalis bersama dengan Presiden Dewan Eropa di Kiev (3/3/2021), dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat pertemuan jurnalis bersama Kanselir Jerman di Kremlin, Moskwa (20/8/2021).Satu minggu sesudah gempuran diawali, Rusia merampas Kherson, jadi kota besar pertama Ukraina yang jatuh.


Petinggi Ukraina dan Rusia ke arah tepian Belarus-Polandia untuk perputaran ke-2 perbincangan. Mereka sepakat membuat koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi masyarakat sipil.


Putin menjelaskan jika perkembangan Rusia di Ukraina jalan sama sesuai gagasan, saat dia buka tatap muka dengan dewan keamanannya.

Post a Comment for "Ringkasan Satu minggu Perang Rusia Versus Ukraina: Awalnya Agresi, Perlawanan Kiev, sampai Teror Nuklir"