Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rimba Kebesani, Ekowisata di Ende NTT dengan Spot Instagramable


Rimba Kebesani sekarang jadi tempat favorite untuk beberapa pelancong yang berkunjung Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Rimba Kebesani ada di Dusun Kebesani, Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende. Tempat rekreasi ini berketinggian sekitaran 800 mtr. dari permukaan laut (mdpl).


Untuk sampai di tempat ini, pelancong dapat tempuh perjalanan sepanjang dua jam dari kota Ende dengan naik kendaraan beroda 2. Dalam pada itu, bila dari Danau Kelimutu, karena itu jaraknya 42,5 km (km) dengan lama berkendaraan 1,5 jam.


Adapun rimba ini dikuasai oleh pohon ampupu tipe Eucalyptus urophylla yang banyaknya beberapa ribu. Pohon ampupu sebagai hasil reboisasi Kementerian Kehutanan yang bekerja bersama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Ende sekitaran tahun 1980-an.


Di sekitaran tempat ini, pengunjung dapat nikmati pangan lokal, seperti ubi dan pisang. Untuk pencinta kopi, tidak boleh sangsi, karena akan ada.


Harga ticket masuk Rimba Kebesani


Awalannya rimba ini belum terawat. Tetapi, semenjak tahun 2017, Kesatuan Pengendalian Rimba (KPH) Ende, bekerja bersama dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Gaharu, mulai mengatur rimba selebar 200 hektar ini.


Faksi pengurus larang masyarakat sekitaran untuk bercocok tanam dan lakukan perambahan rimba. Hal tersebut karena rimba ini bukan hanya tawarkan daya tarik alam yang cantik, tapi sebagai salah satunya teritori pemasok angin segar.


Saat sebelum masuk teritori rimba, beberapa pengunjung cukup mengambil kantong sebesar Rp 5.000 supaya bisa nikmati daya magnet rimba ini sepuasnya. Tetapi, berharap dikenang untuk selalu jaga kebersihan.


Di dalam teritori rimba Kebesani, ada beberapa spot Instagramable yang bisa dipakai pengunjung untuk berpose.


Di antaranya jembatan yang dibuat dari pohon pinus dan gubuk yang dicat dengan warna hidup.



Rimba Kebesani selalu buat kangen


Seorang pengunjung, Irensius Rajo (27) dari Manggarai Timur, akui kagum dengan keelokan rekreasi rimba Kembesani.


Menurut dia, rekreasi rimba itu akan digemari oleh tiap pengunjung yang tiba.


"Tiap orang pasti selalu kangen untuk kembali. Alamnya benar-benar hebat," tutur Irensius ke Kompas.com, Kamis (4/3/2022).


Dia menambah, beberapa spot di dalam teritori rimba Kebesani bisa memberikan kesan-kesan yang memikat untuk tiap pengunjung.


"Beberapa spot yang ada memang terlihat biasa, tapi saat difoto rasanya benar-benar spesial," katanya.


Pengunjung lain, Leo Melang (23), mengharap jika pemerintahan dan lembaga berkaitan terus lakukan promo rekreasi rimba Kebesani. Hingga kekuatan ini bukan hanya dikenali oleh warga Ende, tapi pelancong dari wilayah lain.


"Kita mengharap promo terus digerakkan supaya memancing ketertarikan pelancong yang tiba," ucapnya.

Post a Comment for "Rimba Kebesani, Ekowisata di Ende NTT dengan Spot Instagramable"