Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan Perjalanan Lokal Tanpa Test Antigen dan PCR Rupanya Tidak Langsung Berlaku, Nantikan Ketentuan Baru


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperjelas ketentuan test antigen dan PCR untuk perjalanan transportasi tetap berlaku untuk sekarang ini.


Sebelumnya setelah Menteri Koordinator Sektor Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, aktor perjalanan lokal dengan transportasi udara, laut, atau darat yang telah lakukan jumlah ke-2 dan komplet tidak perlu memperlihatkan bukti test antigen atau PCR negatif.


Juru Berbicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, ketentuan belum juga ditetapkan oleh pemerintahan karena baru jadi keputusan rapat terbatas yang dikerjakan di hari ini, 7 Maret 2022.


Karena, keputusan penghilangan test antigen dan PCR masih perlu dilaksanakan proses-proses legitimasi saat sebelum diterapkan.


"Sama seperti yang sudah disebut, hal itu akan dituangkan lebih dahulu dalam Surat Selebaran Kementerian dan Instansi berkaitan, saat sebelum diaplikasikan di lapangan," katanya dalam info tercatat, Senin (7/3/2022).


Tidak langsung berlaku, nantikan ketentuan terkini


Dengan begitu, ketentuan perjalanan transportasi sekarang ini masih mengarah pada Surat Selebaran Satuan tugas Pengatasan Covid 19 Nomor 22 Tahun 2021.


Pada surat selebaran itu, test antigen dan PCR masih diharuskan sebagai persyaratan yang perlu disanggupi warga bila ingin lakukan perjalanan transportasi kereta api, laut, dan pesawat.


"Sampai sekarang ini, berkaitan persyaratan perjalanan dalam negeri dan internasional, Kemenhub selalu mengarah pada Surat Selebaran Satuan tugas Pengatasan Covid 19. Adapun ketentuan yang berjalan sampai sekarang ini masih mengarah pada SE Satuan tugas no 22 tahun 2021," terangnya.


Faksinya terus akan lakukan rekonsilasi selekasnya jika Satuan tugas Covid 19 merevisi pada ketetapan yang ada dan akan selekasnya mengumumkan ke warga.


Sebelumnya telah dikabarkan, Luhut menjelaskan, pemerintahan akan lakukan rekonsilasi peraturan dalam rencana transmisi ke arah kegiatan normal.


Satu diantaranya, aktor perjalanan lokal baik lewat darat, laut dan udara tak perlu memperlihatkan hasil test antigen dan PCR negatif, jika sudah divaksin jumlah ke-2 .


"Ini akan diputuskan dalam surat selebaran yang hendak diedarkan oleh kementerian dan instansi berkaitan yang hendak keluar dalam kurun waktu dekat," kata Luhut dalam pertemuan jurnalis lewat virtual berkaitan hasil ratas penilaian PPKM, Senin (7/3/2022).

Post a Comment for "Persyaratan Perjalanan Lokal Tanpa Test Antigen dan PCR Rupanya Tidak Langsung Berlaku, Nantikan Ketentuan Baru"