Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemerintahan Merencanakan Aplikasikan Bebas Karantina PPLN 1 April 2022


Pemerintahan merencanakan mengaplikasikan ketentuan bebas karantina untuk semua Aktor Perjalanan Luar Negeri (PPLN) per awalnya April 2022 kedepan.


Gagasan itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada pertemuan jurnalis lewat virtual, Senin (7/3/2022).


Walau begitu, Luhut menjelaskan jika gagasan itu bisa terlaksana jika eksperimen bebas karantina PPLN yang diawali semenjak 7 Maret 2022 ini sukses.


"Jika eksperimen ini sukses, karena itu kita akan berlakukan pembebasan karantina untuk semua PPLN di tanggal 1 April 2022 atau bisa lebih cepat dari tanggal 1 April," katanya.


"Tiap peraturan yang diambil oleh pemerintahan sampai ini hari tentu saja diterapkan atas dasar dan saran dari beberapa ahli yang pakar di sektornya," tambah Luhut.


Disamping itu, Luhut menjelaskan jika peraturan yang diambil masih tetap berdasar pada konsep kehati-hatian dan setahap, bertingkat, dan bersambung.


Eksperimen bebas karantina PPLN di Bali


Luhut menjelaskan, Presiden Joko Widodo sudah menyepakati implementasi eksperimen bebas karantina untuk Aktor Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bali terhitung semenjak Senin (7/3/2022).


"Ini hari, presiden sudah menyepakati agar bisa lakukan eksperimen tanpa karantina untuk PPLN semenjak 7 Maret, saya ulang semenjak 7 Maret 2022 di Propinsi Bali," tegasnya.


Dalam implementasi eksperimen bebas karantina untuk PPLN di Bali ini, pemerintahan berlakukan beberapa persyaratan yang perlu disanggupi, di antaranya:


- PPLN harus memperlihatkan reservasi hotel yang telah dibayarkan minimum 4 hari atau memperlihatkan bukti domisili di Bali untuk WNI.

- PPLN harus telah terima vaksinasi komplet atau booster.

- PPLN lakukan entry PCR tes dan menanti di kamar hotel sampai hasil yang negatif keluar.

- Sesudah hasil tes PCR negatif diterima, PPLN bebas melakukan aktivitas dengan masih tetap jalankan prosedur kesehatan.

- PPLN kembali lakukan PCR tes di hari ke-3 di hotel masing-masing.

- PPLN mempunyai asuransi kesehatan yang jamin Covid-19 sama sesuai ketetapan.

- Moment internasional yang sudah dilakukan di Bali selama saat eksperimen bebas karantina harus juga mengaplikasikan prosedur kesehatan yang berjalan.

- PPLN mempunyai Visa On Arrival (VOA) yang diberi untuk PPLN dari 23 negara.

- PPLN harus ikuti prosedur kesehatan yang berjalan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.


Pemerintahan terus pacu vaksinasi di Bali


Jadi propinsi percontohan untuk eksperimen bebas karantina PPLN, pemerintahan akui terus memacu vaksinasi booster yang dikerjakan di Bali, Indonesia.


"Akselerasi booster di Bali capai 30 % pada sebuah minggu depan," kata Luhut.


Sampai sekarang ini, pemerintahan terus memacu lingkup vaksinasi jumlah ke-2 dan booster di daerah Jawa dan Bali, khususnya untuk beberapa lanjut usia.


"Sekarang ini, perolehan jumlah vaksinasi lanjut usia telah ada di angka 62 % untuk semua Jawa-Bali," paparnya.


Walau begitu, pemerintahan akui terus akan memburu lingkup vaksinasi itu di angka yang semakin tinggi.


Akselerasi lingkup vaksinasi ini tidak berjalan baik tanpa support Pemerintahan Wilayah (Pemda) di masing-masing Kota/Kabupaten.


Maka dari itu, pemerintahan kembali menghimbau supaya Pemda turut berperan serta dalam menggerakkan penerapan vaksinasi baik jumlah ke-2 atau booster.


Vaksinasi jumlah ke-2 atau booster ini khususnya untuk wilayah yang lingkup vaksinasinya masih di bawah 10 %.


"Saya minta dan meminta kesediaan warga untuk kembali bertandang ke gerai-gerai vaksin yang ada untuk sembuhnya dan membaiknya pengatasan wabah ini," tandas Luhut.

Post a Comment for "Pemerintahan Merencanakan Aplikasikan Bebas Karantina PPLN 1 April 2022"