Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menlu Rusia dan Ukraina Pada akhirnya Akan Berjumpa di Turki pada Kamis


Beberapa menteri luar negeri dari Ukraina, Rusia, dan Turki direncanakan akan berjumpa di Turki selatan pada Kamis (10/3/2022).


Turki dijumpai sudah usaha untuk mengatasi perselisihan yang terjadi di di antara Rusia dan Ukraina, dan tawarkan pada beberapa peluang menjadi tuan-rumah perbincangan.


"Insya Allah, kami akan melangsungkan tatap muka ini dalam pola trilateral di Antalya di hari Kamis," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di antara mendatangi komunitas diplomatik di Turki, Senin (7/3/2022), diambil dari Anadolu Agen.


Informasi tatap muka ini ada sesudah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melangsungkan perbincangan telephone dengan beberapa rekannya dari Rusia dan Ukraina.


"Atas ide Presiden @RTErdogan dan usaha diplomatik intens kami, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dari Rusia dan Dmytro Kuleba dari Ukraina sudah memilih untuk berjumpa dengan keterlibatan saya di tepian @AntalyaDF," cuit Cavusoglu.


"Mudah-mudahan cara ini akan bawa perdamaian dan kestabilan," komentarnya.


Turki ialah anggota NATO dan sekutu Ukraina.


Tapi, Turki usaha untuk jaga jalinan baik dengan Rusia, yang paling tergantung pada import.


Awalnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan gencatan senjata yang menekan di Ukraina saat ia bicara di hari Minggu (6/3/2022), dengan Presiden Rusia Vladimir Putin lewat telephone.


Ke-2 kepala negara tersebut bicara mendekati komunitas diplomatik di Turki pada 11-13 Maret yang direncanakan akan didatangi oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan partnernya dari Ukraina.


Turki mengharap untuk atur tatap muka di antara ke-2 nya.


"Gencatan senjata umum yang menekan akan memudahkan mendapati jalan keluar politik dan menyikapi permasalahan kemanusiaan," kata Erdogan, diambil dari AFP.


Ia menekan Putin untuk meluluskan pembuatan koridor kemanusiaan "menekan" di Ukraina, dengan menjelaskan ia dan pimpinan Rusia bisa "buka jalan perdamaian bersama".

Post a Comment for "Menlu Rusia dan Ukraina Pada akhirnya Akan Berjumpa di Turki pada Kamis"