Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makan Nasi Padang Gunakan Tangan atau Sendok? Ini Kata Ahli Kulineran Minang


Arief Muhammad membuat survey cara makan nasi Padang di Instagram. Banyak warganet yang menyukai makan nasi Padang menggunakan tangan. Ini kata ahli kulineran Minang.


Nasi Padang sebagai salah satunya kulineran ciri khas Minang yang terkenal dan banyak disukai. Berbentuk nasi putih hangat yang dihidangkan dengan lauk ciri khas Minang, seperti rendang, bermacam gulai, daun singkong rebus, dan sambal hijau.


Umumnya orang akan melahap nasi Padang menggunakan tangan langsung. Tetapi ada pula beberapa orang yang pilih memakai sendok dan garpu ala-ala barat saat melahapnya.


Tidak terima ada beberapa orang yang melahap nasi Padang menggunakan sendok, YouTuber Arief Muhammad membuat survey di Instagram. Dalam survey itu, makan nasi Padang menggunakan tangan lebih baik 76% dibanding menggunakan sendok dengan pencapaian angka 24%.


Survey bikinan Arief Muhammad ini sampai membuat tagar #pakaitangan trending di Twitter. Rupanya banyak warganet Twitter yang menyepakati Arief Muhammad jika makan nasi Padang lebih nikmat langsung menggunakan tangan.


Menyaksikan topik hangat sekitar cara makan nasi Padang yang trending di Twitter, Reno Andam Suri sebagai Ahli Kulineran Minang yang penulis buku 'Rendang Traveler' ini ikut membagi gagasannya. Ke detikFood (4/3), Uni Reno demikian dia sering dipanggil memberi penuturannya.


"Umumnya kami (orang Minang) memang makan gunakan tangan. Karena jari-jari kita dapat sekalian rasakan struktur nasi, kuah, memisah tulang (ikan dan ayam). Jika makan gulai cancang yang masih tetap ada tulang2 kecilnya, pasti semakin lebih gampang dengan tangan. makan gulai kepala ikan, wah daging-daging ikan yang nyelip tidak dapat dijangkau sama sendok," tutur Reno Andam Samsuri.


Contoh nasi padang Photo: iStockBagi orang Minang melahap makanan gunakan tangan menjadi rutinitas. Tetapi, Uni Reno tidak mempersalahkan mereka yang lebih menyenangi makan nasi Padang menggunakan sendok dan garpu.


"Lantas apakah tidak bisa gunakan sendok? Berikut luar biasanya masakan Padang, dapat lewat ke warga yang terlatih makan gunakan sendok. Bisa, sudah pasti bisa. Tetapi afdolnya memang gunakan tangan," kata Reno.


"Ditambahkan lagi, menyogok dengan tangan itu bisa saja seni, karena nasi yang ambyar. Sama dengan makan nasi kebuli, tentu lebih nikmat dengan tangan daripada dengan sendok," paparnya.


Makan Gunakan Tangan Photo: IstimewaUni Reno menerangkan jika orang Minang mempunyai adat makan yang disebutkan Bajamba. Adat itu mempunyai filosofi share bersama pada sebuah piring besar. Bajamba dicicipi menggunakan tangan langsung.


"Satu kembali, kami punyai makan bajamba yang filosofinya share bersama pada sebuah piring besar. Gunakan tangan supaya masing-masing orang dapat menyesuaikan lauk dan suapan tidak tubrukan. Tidak ribut dengan bunyi sendok ," terang Reno Andam Suri.

Post a Comment for "Makan Nasi Padang Gunakan Tangan atau Sendok? Ini Kata Ahli Kulineran Minang"