Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makan Gunakan Tangan Memang Lebih Nikmat, Sains Sudah Tunjukkan


Akhir-akhir ini, warganet Indonesia sedang memperdebatkan cara makan nasi padang yang betul, apa menggunakan sendok atau tangan.


Pembicaraan ini diawali saat Arief Muhammad membuat survey cara makan nasi padang di Instagramnya.


Hasilnya, sebagian besar warganet yang menjawab survey itu cenderung pilih untuk menggunakan tangan dibanding sendok saat makan nasi padang.


Reputasi makan nasi padang dengan tangan dan tanpa alat makan seperti sendok atau garpu bukan tanpa argumen.


Sains, melalui study yang dipublikasi pada 2020 di Journal of Retailing, sudah menunjukkan jika sentuh langsung makanan dengan tangan dan jemari, bisa membuat makanan berasa lebih nikmat.


Study yang dipegang oleh Adriana Madzharov, periset pemasaran indera dan pendamping profesor di Stevens Institute of Technology, ini terdiri dari 2 uji coba.


Dalam uji coba pertama, Madzharov minta 45 mahasiswa untuk mengecek sepotong keju Muenster dan mengkonsumsinya. Tetapi, beberapa simpatisan dipisah jadi dua barisan, yaitu yang menggunakan tusukan untuk menggenggam kejunya dan yang memengang keju menggunakan tangan tanpa alat makan.


Beberapa simpatisan disuruh untuk menjawab beragam pertanyaan berkenaan skema makan mereka, seperti kekuatan untuk meredam kemauan makan dan kesadaran berkenaan apa dan seberapa banyak yang mereka makan.


Team periset menulis jika sebelumnya atau saat sebelum makan; ke-2 barisan, baik yang menggunakan alat makan atau tangan, tidak memperlihatkan ketidaksamaan yang memiliki arti.


Tetapi, hasil riset memperlihatkan jika untuk beberapa orang yang terlatih mengatur skema makannya, sentuhan bisa langsung memacu tanggapan indera yang semakin tinggi, hingga makanan berasa makin menarik dan nikmat.


Madzharov lalu bereksperimen ke-2 di mana dia kumpulkan 145 mahasiswa baru dan membagikan mereka jadi dua barisan.


Barisan pertama disuruh untuk memikirkan jika mereka sudah putuskan agar semakin waspada saat makan supaya jadi lebih sehat.


Dalam pada itu, barisan ke-2 disuruh untuk tidak begitu pikirkan berat tubuh dan konsumsi makanan nikmat agar semakin nikmati hidup.


Beberapa simpatisan lalu dikasih gelas plastik berisi empat donat mini. Tetapi, 1/2 dikasih tusukan untuk makan donat, dan 1/2 yang lain harus makan donat dengan tangan.


Seperti pada uji coba pertama, beberapa simpatisan disuruh mengecek donat yang diterimanya dan memberikan laporan tingkat perhatian mereka saat mengkonsumsinya.


Hasilnya kembali lagi memperlihatkan jika simpatisan yang disuruh untuk mengatur skema makan mereka, memberi penilaian makanan yang semakin tinggi saat menggenggam donat langsung menggunakan tangan.


Menyaksikan hasil ini, beberapa periset juga memiliki pendapat jika sentuhan langsung yang digabungkan dengan keadaan pengaturan diri bisa tingkatkan pengalaman indera beberapa simpatisan.


Penemuan ini searah dengan riset-penelitian awalnya, di mana berat dan struktur tempat minuman atau makanan bisa mempengaruhi penilaian seorang pada makanan atau minum itu, karena ada saran taktil (terkait dengan sentuhan) dari panduan-petunjuk di luar makanan tersebut.

Post a Comment for "Makan Gunakan Tangan Memang Lebih Nikmat, Sains Sudah Tunjukkan"