Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KPK Ungkapkan Ada Petinggi Pemerintah provinsi DKI Cairkan Check Rp 35 Miliar Selesai Pensiun


Wakil Ketua Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengutarakan jika ada seorang bekas petinggi di Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI Jakarta yang cairkan check sebesar Rp 35 miliar selesai pensiun.


Info pencairan check itu, tutur ia, didapat KPK dari Pusat Laporan dan Analitis Transaksi bisnis Keuangan (PPATK).


"KPK pernah terima laporan PPATK dari salah seorang petinggi eselon III di DKI, demikian yang berkaitan pensiun, cairkan check beberapa 35 miliar," tutur Alex pada acara "Keluarga Memiliki integritas Propinsi DKI Jakarta" di Balai Kota DKI, Kamis (17/3/2022).


Selesai cairkan check itu, lanjut Alex, bekas petinggi Pemerintah provinsi DKI itu selanjutnya beli rumah secara tunai sejumlah Rp 3,5 miliar.


Sesudah pembelian rumah itu, Alex selanjutnya minta faksinya untuk lakukan verifikasi atas pencairan check itu. Karena, KPK menyangka check itu berkaitan akseptasi gratifikasi.


"Saya ngomong verifikasi, verifikasi, tapi kemungkinan telah jalan Tuhan sesaat sesudah kami verifikasi beliau wafat," sebut Alex.


"Selanjutnya, ini pidananya kita ‘hentikan', sangkaan jika sudah lakukan pidana terima gratifikasi," ungkapkan ia.


Walau demikain, lanjut ia, KPK masih tetap tindak lanjuti penemuan PPATK berkaitan pencairan check bekas petinggi DKI itu dengan menyampaikannya ke Direktorat Jenderal Pajak.


Menurut Alex, sangkaan tindak pidananya tidak dapat dilanjutkan karena faksi yang berkaitan sudah wafat, tapi kekayaannya bisa dikenai pajak.


"Karena jika orang pajak itu saya saksikan tidak perduli uang dari korupsi atau dari berjualan apa saja dasarnya lebih kekayaannya bayar pajak," tutur Alex.


"Kita limpahkan ke Ditjen Pajak, agar apa, agar atas kekayaan barusan itu dapat terkena pajak," terang ia.

Post a Comment for "KPK Ungkapkan Ada Petinggi Pemerintah provinsi DKI Cairkan Check Rp 35 Miliar Selesai Pensiun"