Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenlu Yakinkan 9 WNI yang Masih Ketahan di Chernihiv Ukraina dalam Keadaan Aman


Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pastikan sembilan masyarakat negara Indonesia (WNI) yang sekarang ini ada di Chernihiv, Ukraina ada pada keadaan aman.


Untuk dipahami, Chernihiv sebagai salah satunya daerah sebagai pusat pertarungan di antara Ukraina dan Rusia.


Direktur Perindungan WNI dan Tubuh Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha akui barusan merajut komunikasi dengan 9 WNI itu.


"Kami barusan merajut komunikasi virtual lewat zoom dengan 9 WNI di Chernihiv. Keadaan mereka sekarang ini aman dan suplai logistik mencukupi," kata Judha ke Kompas.com, Senin (7/3/2022).


Dia juga menjelaskan, komunikasi dengan WNI di Ukraina sudah terikat intens semenjak saat sebelum gempuran Rusia.


Kemenlu tengah merajut komunikasi dengan beberapa pihak di Ukraina dan Rusia untuk membikin lajur penyelamatan yang aman sebagai jalan keuar untuk beberapa WNI dari Chernihiv.


"Secara paralel, komunikasi intens sedang dilaksanakan dengan beberapa pihak di Ukraina dan Rusia untuk membuat safe passage atau lajur penyelamatan aman untuk bawa beberapa WNI keluar Chernihiv dan seterusnya ke negara tetangga Ukraina yang aman," kata Judha.


Awalnya, pada Minggu (6/3/2022) Judha sempat mengutarakan, usaha penyelamatan sembilan WNI di Chernihiv tidak dapat dilaksanakan karena masih terjadi pertarungan di kota itu.


Walau Rusia dan Ukraina sudah capai persetujuan berkaitan koridor kemanusiaan untuk penyelamatan warga sipil, tetapi tidak ada kejelasan berkenaan waktu dan proses detil dari persetujuan itu.


"Sekarang ini telah ada persetujuan humanitarian corridor di antara Rusia dan Ukraina. Kita sedang dorong untuk detil kapan, di mana dan proses humanitarian corridor hingga dapat digunakan untuk penyelamatan WNI dengan aman," kata Judha.

Post a Comment for "Kemenlu Yakinkan 9 WNI yang Masih Ketahan di Chernihiv Ukraina dalam Keadaan Aman"