Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jabodetabek PPKM Tingkat 2, Ini Ketentuan Masuk Mal sampai Transportasi


Pemerintahan kembali perpanjang ketentuan Pemberlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) untuk masa 8-14 Maret 2022.


Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan lewat pertemuan jurnalis lewat virtual, Senin (7/3/2022).


Tindak lanjuti instruksi itu Menteri Dalam Negeri RI keluarkan Perintah Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2022 mengenai Pemberlakukan Limitasi Aktivitas Warga Tingkat 4, Tingkat 3, dan Tingkat 2 Corona Virus Disease 2019 di Daerah Jawa dan Bali.


Berdasar Inmendagri itu, daerah agloromerasi Jabodetabek yang mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan status PPKM tingkat 2.


Bagaimana ketentuan aktivitas warga di Jabodetabek?


1. Mal


Mal di daerah Jabodetabek dibolehkan bekerja dengan kemampuan optimal 75 % dan bekerja s/d jam 21.00 WIB.


Pengunjung mal harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.


Sementara untuk pengunjung yang berumur di bawah 12 tahun harus ditemani orangtua, dan memperlihatkan bukti vaksinasi jumlah pertama untuk yang berumur 6 - 12 tahun.


2. Bioskop


Bioskop di wilayah Jabodetabek dibuka dengan kemampuan pemirsa sekitar 70 %. Pemirsa yang masuk tempat bioskop harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.


Adapun restaurant di dalam bioskop dibolehkan terima makanan di tempat dengan kemampuan optimal 50 %.


3. Tempat beribadah


Tempat beribadah, berbentuk mushola atau musala, gereja, vihara, pura, dan klenteng bisa melangsungkan kegiatan peribadahan.


Kemampuan optimal sekitar 75 % dan masih tetap melakukan prosedur kesehatan ketat.


4. Tempat rekreasi


Tempat rekreasi di sekitaran Jabodetabek dibuka dengan kemampuan pengunjung terbanyak 75 % dengan ketetapan seperti berikut:


- Masih tetap mengaplikasikan prosedur kesehatan

- Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

- Anak berumur di bawah 12 tahun harus ditemani orangtua dan mengikutkan bukti vaksinasi jumlah pertama untuk yang berumur 6 - 12 tahun.

Simak juga: Ketentuan Komplet PPKM Jawa-Bali 8-14 Maret: Telah Vaksin Dua Kali, Tidak Perlu PCR/Antigen


5. Angkutan umum


Kendaraan umum seperti taksi, angkutan masal, dan pesawat terbang dibolehkan bekerja dengan paket penumpang 100 %.


Untuk pesawat terbang, ketetapan itu dikerjakan dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan yang lebih ketat.


Ketetapan perjalanan menggunakan transportasi ditata lebih komplet dalam Surat Selebaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022 mengenai Ketetapan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Periode Wabah Covid-19.


6. Pesta pernikahan


Masyarakat di wilayah Jabodetabek dapat melangsungkan pesta pernikahan dengan tamu undangan.


Kemampuan optimal 50 % dari kemampuan ruang dan dimohon tidak untuk sediakan makan di tempat.


7. Restaurant dan cafe


Restaurant dan cafe dibolehkan membuka sampai jam 21.00 WIB dengan kemampuan pengunjung optimal 75 % dan masih tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi.


Sementara untuk restaurant dan cafe yang membuka di sore hari, dibolehkan membuka semenjak jam 18.00 s/d 00.00 WIB dengan kemampuan pengunjung 50 %.


Pengunjung lakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi.


8. Pasar tradisionil dan supermarket


Pasar tradisionil dan supermarket di tempat Jabodetabek yang jual keperluan setiap hari dapat bekerja sampai jam 21.00 WIB dengan kemampuan pengunjung 75 %.


Pengunjung masih tetap diharuskan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan cuman pengunjung dengan status warna hijau yang dibolehkan masuk.


Dalam pada itu, pasar rakyat yang jual keperluan non-esensial cuman bisa bekerja sampai jam 20.00 WIB dengan kemampuan konsumen 75 %.


9. Gym


Gym atau pusat kesehatan dibolehkan membuka dengan kapaistas 75 % dan masih tetap mengaplikasikan prosedur kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLIndungi.


10. Evaluasi bertemu muka


Walau telah diputuskan sebagai PPKM tingkat 2, evaluasi bertemu muka di daerah Jabodetabek dikerjakan terbatas atau Evaluasi Jarak Jauh (PJJ).


Ini sama sesuai keputusan Menteri Pengajaran dan Kebudayaa, Penelitian dan Teknonologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/202l, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443 -5847 Tahun 2021 mengenai Tutorial Penyelenggaraan Evaluasi di Periode Wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID -19.


11. Penerapan WFO


Untuk masyarakat yang tinggal di daerah Jabodetabek dapat lakukan work from office (WFO) dengan kemampuan pegawai 75 % untuk perusahaan yang bekerja di bidang non-esensial.


Walau begitu, pegawai yang lakukan WFO harus sudah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk dan keluar tempat kerja.

Post a Comment for "Jabodetabek PPKM Tingkat 2, Ini Ketentuan Masuk Mal sampai Transportasi"