Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buron Sepanjang tujuh bulan, Aktor Investasi Bodong Sebesar Rp 131 Miliar Pada akhirnya Dijebloskan ke Penjara


Sepanjang tujuh bulan jadi Daftar Penelusuran Orang (DPO) Yohanis Tandilangi alias Totti yang turut serta kasus investasi bodong sebesar Rp 131 miliar yang diatur dibawa management PT Axelle Jaya pada akhirnya dijebloskan kepenjara pada Kamis (10/03/2022), sesudah diamankan team taburi Kejaksaan Agung RI.


Yohanis Tandilangi diamankan di Jalan Kayu Manis i Lama Gang 4, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, langsung digiring ke Kabupaten Tana Toraja oleh faksi kejaksaan.


Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Erianto Paundanan menjelaskan, pejabat PT Axelle Jaya Management ini sebagai terpidana kasus perbankan yakni investasi jasa keuangan ilegal.


"Penangkapan ini atas kerja-sama Kejagung dan Kejati, kami memberi sporting data, identitas dan semuanya yang terkait dengan info terpidana ini," kata Erianto, Jumat (11/3/2022).


Dengan ketangkapnya Yohanis Tandilangi, beberapa petingi PT Axelle Jaya Management telah komplet mengeram di penjara sebelumnya setelah 3 pimpinannya diamankan.


Masing-masing namanya Ardianto Randa sebagai Direktur Khusus, Wardana Sello sebagai Vice President dan Oktavianus Patandung alias Tomma, yang telah mengeram di penjara sesudah divonis bersalah oleh hakim Pengadilan Negeri Makale pada 5 November 2020 kemarin.


"Berdasar keputusan PT nomor: 697 pid sus2020pt. Mks tanggal 1 Februari 2021 dan keputusan kasasi nomor : 2169 kpid.sus2021 tanggal 30 agustus 2021, terpidana Yohanis Tandilangi alias Totti dipastikan bersalah lakukan tindak pidana perbankan secara bersama berbentuk investasi jasa keuangan ilegal yang menyebabkan rugi nasabah capai Rp 131.098.262.661 dan karena tindakannya terpidana dijatuhkan pidana penjara sepanjang lima tahun dan denda masing-masing sejumlah Rp 10 miliar," sebut Erianto.


Yohanis Tandilangi awalnya ditahan Polres Tana Toraja, semenjak dibatalkan penahanannya keluar keputusan pengadilan yang jatuhkan vonis ke Yohanis Tandilangi, tetapi ia kabur ke luar wilayah.


"Dalam sidang pembacaan keputusan yang diadakan di PN Makale pada Kamis, 5 November 2020 lalu itu ke-4 pejabat PT Axelle Jaya Management ini divonis dengan hukuman berlainan di mana Ardianto Randa dan Wardana Sello divonis sepuluh tahun penjara, dan Oktavianus divonis enam tahun penjara, dan Yohanis Tandilangi alias Totti divonis lima tahun penjara dengan denda Rp 10 miliar," tutur Erianto.


Dikabarkan sebelumnya Polres Tana Toraja tangkap 4 orang yang diperhitungkan turut serta dalam investasi bodong PT Axelle Jaya Trade Manajemen.


Ke-4 orang yang diamankan ialah AR pemilik PT Axelle, WSP sebagai Direktur Khusus, OHP sebagai Direktur Peningkatan, dan YT sebagai Direktur Marketing.


Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono menjelaskan, PT Axelle beroperasi di sektor jasa keuangan dengan kumpulkan dana dari warga sekitaran Rp 131.098.262.661.


Uang itu datang dari lebih dari 4.000 nasabah.

Post a Comment for "Buron Sepanjang tujuh bulan, Aktor Investasi Bodong Sebesar Rp 131 Miliar Pada akhirnya Dijebloskan ke Penjara"