Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ASN yang Berpindah ke IKN Nusantara Akan Dikasih Sokongan Tambahan


Aparat Sipil Negara (ASN) yang berpindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara, akan memperoleh sokongan tambahan dari pemerintahan.


Peraturan pemberian sokongan tambahan untuk ASN yang dipindah ke IKN baru di Kalimantan Timur itu sedang dalam tahapan pengaturan.


Namun, seperti dikabarkan KOMPAS.com pada Selasa (1/3/2022), Deputi sektor Sumber Daya Manusia (SDM) Aparat Kementerian, Kementerian Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Alex Denni menjelaskan, besaran sokongan untuk ASN yang berpindah ke IKN, Nusantara, belum ditetapkan.


"Tergantung jumlah keperluan untuk di sana. Dapat berbentuk (sokongan) transportasi. Jika di korporasi misalkan, sokongan kemahalan, sokongan khusus wilayah tertentu, dan sebagainya. Nama dan besarannya belum juga dapat kita berikan," kata Alex.


Menurut Alex, perpindahan ASN ke IKN Nusantara tidak cuman berkenaan jumlah ASN, tetapi berkaitan sokongan tambahan selainnya upah yang terterima oleh ASN.


Disamping itu, Alex menambah, infrastruktur tempat tinggal dan fasilitas prasarana yang ideal dan memenuhi untuk beberapa ASN harus juga dipersiapkan.


IKN Nusantara dibuat dan diatur dengan arah menjadi kota paling terus-menerus di dunia, sebagai pendorong perekonomian Indonesia di masa datang, dan jadi lambang identitas nasional.


Berdasar misi itu, ide kelembagaan dan tata urus pemerintah di IKN berdasarkan smart governance diharap dapat hasilkan tata urus pemerintah yang efektif, efisien, dan kolaboratif.


Kemenpan RB bersama lembaga berkaitan melakukan ulasan intens dalam rencana simplifikasi proses usaha, pembangunan ekosistem digital multisektor, pengokohan koordinir dan jaringan lembaga, dan pengaturan management ASN lewat peningkatan kapabilitas dan pemenuhan kesejahteraan yang berkaitan.


Perkantoran pemerintah di IKN Nusantara akan dibuat dalam ide kantor bersama (shared offices) yang memprioritaskan sambungan fisik dan digital, flexible working arrangement supaya cara kerja lebih tidak resmi, interaktif, casual, dan tak terbatas ruang-ruang kantor, dan mengaplikasikan cara kerja secara hibrida yang berbasiskan TIK.


Maka dari itu, Kemenpan RB memandang implementasi mekanisme pemerintahan berbasiskan electronic (SPBE) secara mendalam perlu dilaksanakan.


Awalnya, Ketua Team Komunikasi Ibu Kota Negara (IKN), Sidik Pramono menjelaskan, ASN yang akan berpindah ke IKN Nusantara akan mendapatkan deretan sarana.


Sarana yang didapat ASN hampir sama sama yang ada sejauh ini dan sesuai Undang-Undang (UU) ASN Nomor 5 Tahun 2014.


Walau demikian, Sidik menjelaskan, ada sokongan yang membandingkan saat ASN sudah bekerja di IKN Nusantara.


"Ada ketidaksamaan, sokongan kemahalan berbeda. Masalah sokongan kemahalan referensinya ialah Undang-Undang No. 5/2014 mengenai Aparat Sipil Negara (ASN) Pasal 80 Ayat 4, dipastikan jika "Sokongan kemahalan dibayar sesuai tingkat kemahalan berdasar index harga yang berjalan di wilayah masing-masing," kata Sidik.


Sidik mengutarakan, sarana lain yang hendak diterima ASN ialah rumah dinas dan sarana lain sama sesuai keperluan ASN.


"Sarana rumah dinas, pemberian sokongan kemahalan, ongkos berpindah sama sesuai ketentuan yang berjalan, dan flexible facility arrangement yang disamakan dengan keperluan setiap ASN," katanya.

Post a Comment for "ASN yang Berpindah ke IKN Nusantara Akan Dikasih Sokongan Tambahan"