Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APJII Kecam Aktor Penembakan 8 Karyawan Palaparing Timur di Papua


Federasi Penyuplai Jasa Internet Indonesia (APJII) mencela aktor serangan karyawan Palaparing Timur Telematika (PTT) di Daerah Kago, Area Ilaga, Kabupaten Pucuk, Propinsi Papua.


Ketua APJII Muhammad Bijak memandang perlakuan serangan itu benar-benar kelewatan karena memunculkan korban jiwa warga sipil. Disamping itu, gempuran itu mengusik proses pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah itu.


"APJII menyumpah aktor kekacauan yang mempertaruhkan rakyat sipil dan mengusik infrastruktur telekomunikasi," kata Bijak dalam info yang diterima KompasTekno, Sabtu (5/3/2022).


Menurut Bijak, infrastruktur telekomunikasi memiliki sifat netral dan benar-benar berguna untuk warga. Hingga, tidak seharusnya jadi target kekacauan dan kekerasan atas nama apa saja.


"Kebutuhan khalayak harus diprioritaskan. Keamanan pembangunan infrastruktur telekomunikasi ialah tanggung-jawab bersama. Janganlah sampai ada korban kembali," kata Bijak.


Pahlawan telekomunikasi


Bijak juga mengatakan berkabung ke beberapa korban dan keluarganya. Dia mengharap keluarga korban mendapatkan keadilan dan pelindungan. Begitupun ke karyawan lain di daerah pembangunan PTT Papua.


"Untuk APJII, mereka ialah pahlawan telekomunikasi karena sudah berusaha untuk hidupkan jaringan telekomunikasi yang memberikan faedah pada banyak warga," kata Bijak.


Sebagai wakil semua pelaksana jasa telekomunikasi Indonesia, APJII sampaikan duka dalam ke ke-8 korban itu.


APJII menghimbau pelaksana jasa internet untuk memasangkan spanduk berkabung di jaringan masing-masing sebagai penghormatan ke beberapa pahlawan telekomunikasi.


Dikabarkan sebelumnya jika delapan pegawai PTT Papua meninggal sesudah terserang KKB pada Rabu, 2 Maret kemarin. Ke-8 karyawan sipil itu terserang saat mereka sedang membenahi Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel.


Kepala Pencahayaan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menerangkan, kejadian itu dijumpai dari pegawai PTT namanya Ali yang memberikan laporan lewat telephone jika terjadi serangan.


Dari info Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, 8 orang korban yang wafat itu berinisial B, R, BN, BT, J, E, S, dan PD.

Post a Comment for "APJII Kecam Aktor Penembakan 8 Karyawan Palaparing Timur di Papua"